Sunday 24 January 2016

Makna inisial D. pada karakter One Piece

Dalam rangkaian seri, sejumlah karakter memiliki awal tengah "D.". Awal tengah atau paraf tengah misterius ini telah disebut dengan "Kehendak D.", atau dalam bahasa inggris disebut "Will Of D" oleh beberapa karakter dalam cerita One Piece. Beberapa terjemahan keliru menyebutnya sebagai"Gol D Will (Kemauan Gol D)" dalam pereferensian untuk Gol D. Roger, akhir dari Raja Bajak Laut. Pada penyuaraan 4Kids (terjemahan inggris) memilih untuk merujuk ke D sebagai "Gol D.'s Will", sementara dari FUNimation menyebutnya sebagai "Spirit of D." ("Semangat D.") baik ke-duanya berasal dari kesalahan penerjemahan dari teks asli Jepang yang terbit. Dalam tambahan ikhtisar Grand Line Times,, mereka disebut sebagai "Men of D." ("Orang D.").


Sejarah D.
900 tahun yang lalu dunia dikuasai oleh orang-orang yang memiliki tekad D. Mungkin karena merasa kekuasaan mereka (raja) terancam oleh orang-orang berinisial D, maka mereka melakukan persekutuan untuk melakukan kudeta. Seluruh orang yang memiliki tekad D dihabisi. Dan masa-masa itu (900-800 tahun yang lalu) dikenal sebagai "era abad yang hilang" yang disembunyikan oleh pemerintah. Tapi beberapa orang yang berinisial D yang selamat bertekad suatu hari akan membalas dan merebut kembali dunia dari mereka yang kelak dikenal dengan nama "World Government ". Karena merasa terancam oleh orang-orang tersebut, maka bergabunglah 20 kerajaan yang saling bergabung dan membentuk apa yang sekarang dikenal dengan World Government (WG) yang sekarang tergabung dari 170 negara) agar bisa memastikan kerahasiaan di era abad yang hilang tetap terjaga dengan cara apapun. Tenryuubito adalah keturunan langsung dari mereka. Orang-orang berinisial D pun menurunkan sejarah tersebut lewat poneglyph (ukiran batu kokoh yang lebih keras dari baja). Poneglyph-poneglyph itu tersebar di wilayah grand line dalam bahasa kuno. lengkap dengan senjata-senjata yang dapat merebut kembali dunia : pluton (arabasta), poseidon (skypiea), dan neptun. Setiap pulau yang di warisi poneglyph harus menjaganya agar dapat di turunkan kepada pemilik tekad D yang pantas. keseluruhan poneglyph akan menuntun orang yang sanggup menemukannya pada fakta sejarah yang hilang 900 tahun yang lalu di mana kunci terakhir berada di ujung grandline Raftel..

Gol D Roger yang telah membaca seluruh poneglyph menyadari sejarah 900 tahun yang lalu, Dia lalu memutuskan untuk berperang dengan World Government (WG) dengan mengangkat nama D, mengumpulkan segala yang diperlukan untuk keperluan perang, senjata, pengetahuan, keinginan dan semuanya menjadi satu . Namun sayang, tekadnya itu dikandaskan oleh penyakitnya yang fatal. Karena memikirkan hal tersebut, dia menginginkan seseorang yang akan meneruskan tekadnya yang dikandaskan oleh penyakit tersebut. Akhirnya dia memutuskan untuk 'mewarisi' tekad tersebut kepada orang yang benar benar pantas untuk mendapat one piece. Akhirnya ia letakkan sebuah rio poneglyph (kesimpulan dari semua poneglyph) dan semua alat (senjata terkuat) di Raftel. Pulau terakhir yang berada di ujung grand line. Tempat tersulit untuk dicapai bahkan oleh dirinya sendiri. Untuk memastikan HANYA ORANG YANG PANTAS YANG DAPAT MENCAPAINYA DI MASA MENDATANG.

Selain roger masih ada juga yang telah mencapai Raftel mereka adalah Silvers rayleigh,Shanks, Buggy, croccus,(kru roger) dan seluruh kru roger , mereka mengetahui fakta sejarah tapi tidak bisa berbuat banyak karena nyawa mereka sendiri selalu terancam karena seluruh /apapun yang berhubungan dengan roger harus dimusnahkan dan juga karena mereka bukan pewaris tekad D. Roger sempat memberitahu Shirohige cara pergi menuju Raftel tapi sayang shirohige tidak tertarik. World government menyebut Roger sebagai raja bajak laut di karenakan dia adalah orang yang telah mengetahui fakta 900 tahun yang lalu, atas dasar itulah world government memerintahkan marine untuk memburu orang orang yang berinisial D.

Kalau Harta One Piece hanya dipendam di Raftel, tidak akan ada yang mengetahui dan tertarik ke sana untuk menemukannya. Dia harus mengabarkan tentang One Piece ke seluruh penjuru dunia, agar semua orang menuju ke sana. Berlomba untuk menjadi yang terbaik dan yang terkuat mencapai tempat itu. Hingga akhirnya siapa pun yang mencapai Raftel, orang tersebut adalah orang yang sudah sangat SIAP. Dan dipastikan, One Piece memang ada.Orang yang diharapkan Roger akan melanjutkan tekadnya mengobarkan perang dengan world government di masa mendatang. Roger terburu mati setelah menyerahkan diri pada marine sebagai balasan agar orang terkuatlah dan memang orang yang pantaslah yang akan meneruskan usahanya setelah menemukan kumpulan data sejarah dan senjata terkuat di pulau Raftel untuk melawan world government.
Maka dari itu, ia menyerahkan dirinya dan bersedia dieksekusi karena tahu akan ada banyak bajak laut dan orang-orang di grand line yang menyaksikan eksekusinya. Dan sesuai perkiraannya, banyak bajak laut yang memang hadir ketika itu. Dan karena kata-kata "Harta karunku? akan kuberikan! Tapi, kalian harus mencarinya sendiri karena semua yang ada di dunia ini kuletakkan di sana." dan benarlah, semenjak itu orang-orang di seluruh dunia pun berlomba-lomba untuk mendapatkan ONE PIECE.

Diwariskan "KEHENDAK"
Tidak jelas apa arti dari bagian paraf tengah tersebut, tapi tampaknya semua berbagi keyakinan yang sama didalam mereka sendiri (dan orang lain) akan mimpi dan / atau takdir itu. Setiap kali D. muncul, serangkaian peristiwa besar dapat terjadi di dunia One Piece khususnya ketika mereka terlibat langsung, ini sudah termasuk awal dari sebuah era baru, peperangan dan banyak perubahan dari Pemerintahan. Misteri terbesar oleh D' ini adalah bahwa sebagian besar dari mereka yang membawa D. sendiri tidak tahu sepenuhnya apa pengertian sesungguhnya. Jaguar D. Saul ditampilkan dengan tidak adanya pengetahuan tentang subjek (pokok persoalan) D. ketika Nico Robin bertanya apa artinya itu. Ketika ia bertanya pada Monkey D. Luffy mengapa orang-orang yang membawa pertarungan D., ia juga benar-benar tidak mengerti apa yang ia bicarakan.Meskipun tampaknya bahwa Marinir agak sadar akan D selama Sengoku menunjukkan demi kepentingan Ace karena itu.

Gol D. Roger juga diperlihatkan tentang pengetahuan itu dalam dialog antara dia bersama Shirohige. Dia memulai dari "Kejadian waktu dulu yang sangat lampau" tetapi terpotong sebelum dia bisa menyelesaikannya. Dia sejauh ini merupakan pertama dan satu-satunya yang dikenal dengan alur cerita yang telah menemukan apa artinya mengenai D. sendiri, meskipun para D lain juga mungkin tahu, tapi tidak ada yang dikonfirmasi.


Portgas D. Ace tersenyum saat kematiannya
Selain itu, mereka tampaknya mampu menahan hukuman yang luar biasa dalam pertempuran dan hanya menyerah sampai mati ketika mereka tahu benar-benar tidak ada cara untuk menghindarinya. Sebuah sifat aneh dari para D yakni terkait dengan ini. Sering mereka terlihat tertawa atau tersenyum sangat ketika mereka akan menemui kematiannya, seolah-olah mereka tampaknya menerima kematian mereka ketika mereka tidak dapat melarikan diri dan terlihat tidak takut terhadap kematian yang jelas. Reaksi banyak karakter yang menyaksikan ini sering mengejutkan atau tidak percaya karena sulit untuk membayangkan orang tidak merasa takut mati sama sekali.
Sejauh ini kebiasaan aneh ini telah terbukti 5 kali:
  • Para saksi mengklaim Gol D. Roger meninggal tersenyum selama eksekusinya.
  • 22 tahun kemudian salah satu saksi, Smoker, juga menyaksikan Luffy tersenyum dengan cara yang sama seperti Gol D. Roger saat Buggy hendak membunuhnya. 
  • Nico Robin juga menyaksikan Saul. Tertawa dan tersenyum saat ia mati beku. 
  • Portgas D. Rouge terlihat baik menangis dan tersenyum saat penamaan Ace tepat sebelum kematiannya akibat melahirkan yang.
  • Portgas D. Ace tersenyum setelah ia mengucapkan terima kasih kepada semua orang untuk mencintai dia tepat sebelum kematiannya.
Beberapa contoh dari lainnya yang merupakan duel antara Ace dan Blackbeard, di mana keduanya Ace dan Blackbeard tersenyum sebelum serangan terakhir mereka terhadap satu sama lain. Namun Blackbeard melakukan penampilan terlalu percaya diri dalam kekuasaan Buah Iblis-nya dan mungkin percaya bahwa ia tidak akan mati, sedangkan Ace tidak mati dan hanya dikalahkan sebelum dikirim ke Impel Down.

Paling penting, penyebutan "Kehendak" terselip pada berbagai kesempatan, Shirohige sendiri terus menjelaskan bahwa ketika mereka mati, yang lain dapat mengambil "Kehendak" mereka di kemudian hari dan membawanya di punggung mereka dan berjuang untuk itu, bahkan jika garis keturunan itu meninggal  Sebelum kematian Shirohige, ia mengungkapkan melalui kilas balik bahwa ia diberitahu oleh Gol D. Roger pada arti sebenarnya di balik Kehendak D, ia mengklaim bahwa Roger sedang menunggu seorang laki-laki dengan awal D. Dia mencatat bahwa Teach bukanlah orang yang membawa "Kehendak Roger" yang juga mencakup "kehendak Ace" dan bahwa suatu hari ia akan dijemput oleh yang lain.

Namun, Marshall D. Teach tidak menunjukkan rasa takut akan kematian, suatu sifat yang aneh di antara orang-orang D. Ketika Shirohige menyerang dia di Marineford, Kurohige mulai panik dan menjadi takut berkata "Kamu tidak akan melakukan ini untuk anak Kamu, apakah Kamu akan lakukan?

Meskipun Shirohige tidak takut ketika menghadapi Ace, tidak menerima kematiannya ketika itu di hadapannya. Dia tidak meninggal karena kejadian itu karena kekuatannya sendiri, tapi ia masih takut itu tetap. Dia adalah D. pertama untuk menunjukkan rasa takut ini ketika dihadapkan dengan kemungkinan kematian.

Penyandang kehendak D.
Ada beberapa orang penyandang kehendak D. yaitu:



1.Gold D Roger (meninggal)
Gold D. Roger
2.Monkey D. Luffy
Monkey D. Luffy
 3.Monkey D. Garp
Monkey D. Garp
4.Monkey D. Dragon
Monkey D. Dragon
5.Trafalgar D. Water Law
Trafalgar D. Water Law
6.Portgas D. Ace
Portagas D. Ace
7.Portgas D. Rouge (meninggal)
Portags D. Rauge
8.Marshall D. Teach
Marshall D. Teach
9.Jaguar D. Saul (meninggal)


Jaguar D. Saul









EmoticonEmoticon